Diperuntukkan untuk konco-konco Operator yang membutuhkan informasi, baik itu penting ataupun tidak penting sama sekali

Kamis, 03 November 2011

Contoh Laporan Prakerin


LEMBAR PERSETUJUAN

Laporan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) di Instansi Kantor Kecamatan Tegalsari ini telah disetujui dan disahkan oleh Pembimbing Prakerin pada Tanggal  : 2009













PEMBIMBING PRAKERIN


H. SUCIPTO
NIP. 010 174 566




KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Berkah dan Rahmat-Nya lah penyusunan Laporan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di Kantor Kecamatan Tegalsari dapat terselesaikan dengan baik. Dengan penyusunan laporan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi kami menganai apa dan bagaimana dunia kerja di bidang birokrasi pemerintahan dalam kehidupan bermasyarakat.
Prakerin ini dilaksanakan untuk melatih para siswa tentang bagaimana dinia kerja yang sesungguhnya, sehingga nantinya siap dalam dunia kerja yang kita inginkan. Sebagai tugas akhir dari pembelajaran di sekolah, maka hasil dari pelaksanaan Prakerin ini kami buatkan dalam sebuah laporan. Disamping itu Laporan Prakerin ini kami susun untuk memenuhi persayaratan dalam program studi yang ada di                      SMK Muhammadiyah 1 Genteng.
Dalam penyusunan laporan ini kami memperoleh banyak bimbingan, bantuan, saran, inspirasi dan pengarahan tentang dunia pemerintahan dari para pembimbing tak luput pula bantuan moral maupun metrerial dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih yang tek terhingga kepada :
1.    Bpk. Drs. H. Moh. Mubron selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Genteng;
2.    Bpk. Drs. H. Abdul Ghofur, M.M selaku Camat pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
3.    Bpk. Drs. Ec. Siswandito selaku Sekretaris Kecamatan pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
4.    Bpk. Saridjo selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
5.    Bpk. H. Sucipto selaku pembimbing langsung dan selaku Kasi Kesejahteraan Sosial pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
6.    Bpk. Muksin, S.Pd, M.Si selaku Kasi Ketrentaman dan Ketertiban pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
7.    Bpk. Supriyadi, SH selaku Kasi Pemerintahan pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
8.    Bpk. Supangat, SE selaku kasi Penyusunan dan Pemrograman pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
9.    Para staf, karyawan dan karyawati pada Kantor Kecamatan Tegalsari;
10. Wali Kelas dan Dewan Guru pada SMK Muhammaddiyah 1 Genteng;
11. Para rekan – rekan siswa dan siswi yang telah memberikan sumangsih yang berarti dan positif serta;
12. Semua pihak yang terkait yang secara sengaja maupun tidak sengaja yang telah membantu suksesnya pembuaan laporan ini.
Semoga budi baik dan bantuan semuanya mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa, Amien… Sadar akan keterbatasan yang ada, maka kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna dijadikan bekal bagi kami semua untuk menjadi yang lebih baik.
Penyusun berharap Laporan Prakerin ini dapat berguna bagi pembaca umumnya dan bagi kami pada khususnya. Dan diakhir kata semoga naskah laporan yang kami buat ini dapatberguna dan bermanfaat bagi kita semua.


Tegalsari,         April  2009

Penyusun





DAFAR ISI

COVER
LEMBAR PERSETUJUAN .....................................................................       i
KATA PENGANTAR ................................................................................       ii
DAFTAR ISI ................................................................................................       iv

BAB I
PENDAHULUAN .......................................................................................       1
1.1.        LATAR BELAKANG .....................................................................       1
1.2.        TUJUAN DAN MANFAAT ...........................................................       2
1.2.1. TUJUAN ...............................................................................       2
1.2.2. MANFAAT ............................................................................       3
1.2.2.1. Bagi Para Siswa ........................................................       3
1.2.2.2. Bagi SMK Muhammadiyah 1 Genteng ..................       4
1.2.2.3. Bagi Instansi Kecamatan Tegalsari ........................       4
1.3.        METODE PENGUMPULAN DATA ............................................       4
1.4.        SISTEMATIKA PEMBAHASAN .................................................       6

BAB II
PANDANGAN UMUM TEGALSARI ......................................................       7
2.1.      POTENSI TEGALSARI ................................................................       7
2.2.      KONDISI FISIK ..............................................................................       8
2.2.1. TOPOGRAFIS .....................................................................       8
2.2.2. KEMIRINGAN LAHAN .......................................................       8
2.2.3. GEOLOGIS ...........................................................................       8
2.3.      JUMLAH PENDUDUK .................................................................       9

BAB III
KINERJA INSTANSI PEMERINTAH ....................................................       10
3.1.      POTENSI ORGANISASI ..............................................................       10

BAB IV
RENCANA STRATEGIS .........................................................................       20
4.1.      RENCANA STRATEGIS .............................................................       20
4.1.1. VISI ........................................................................................       20
4.1.2. MISI .......................................................................................       21
4.1.3. TUJUAN ...............................................................................       21
4.1.4. SASARAN ............................................................................       22
4.1.5. KEBIJAKSANAAN ..............................................................       24
4.1.6. PROGRAM ...........................................................................       26
4.2.      RENCANA KINERJA ...................................................................       28

BAB V
PENUTUP ..................................................................................................       29
5.1.      KESIMPULAN ...............................................................................       29
5.2.      SARAN ............................................................................................       30

LAMPIRAN – LAMPIRAN 



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            LATAR BELAKANG
Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah pelatihan kerja yang dapat menambah dan memperluas pengetahuan para siswa tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya dan sebagai penunjang teori yang telah didapatkan selama mengikuti pembelajaran yang ada di sekolah serta untuk meliha sejauh mana kemajuan teknologi dan informasi, selain itu pula Prakerin juga untuk mengetahui berbagai aspek yang berkaitan dengan dunia kerja.
Dalam hal ini berbagai aspek yang perlu dikeahui adalah :
1.    Aspek Fisik
Yang meliputi kesiapan dan kesigapan para siswa untuk mengarungi dunia kerja yang sesungguhnya dalam kemajuan jaman dan era globalisasi dan teknologi yang semakin pesat.
2.    Aspek Non Fisik
Yaitu kewaspadaan yang dituntut untuk mengimbangi dampak pembangunan karakter yang berupa kecendrungan untuk mengubur sifat materialis.
Diharap pada akhirnya nanti para siswa akan mendapatkan keterampilan yang tidak dapat diperoleh di bangku sekolah serta pengembangan sikap pribadi sebagai bekal persiapan bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
1.2.            TUJUAN DAN MANFAAT
1.2.1.   TUJUAN
Dalam era globalisasi dewasa ini dan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, para peserta didik dituntut untuk bias mengembangkan serta memperluas pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan di masa akan dating. Untuk memenuhi kualitas sumber daya manusia tersebut maka SMK Muhammadiyah 1 Genteng mengadakan Prakerin (Praktek Kerja Industri).
Disamping untuk memenuhi hal tersebu diatas, juga untuk melatih dan mengarahkan para siswa agar lebih memahami hal – hal yang berkaitan dengan dunia kerja yang sesungguhnya.
Dan akhirnya para siswa diharapkan agar dapat membuat laporan tentang apa dan bagaimana kegiatan Prakerin yang telah dilakukan.
Selain hal diatas, pembuatan laporan ini bertujuan untuk memenuhi suatu penerapan dan perealisasian dari apa yang selama ini diperoleh para siswa di bangku sekolah secara nyata. Adapun tujuan yang diinginkan anara lain sebagai berikut :
a.    Meningkatkan kretivitas siswa;
b.    Memantapkan serta menumbuhkembangkan sikap profesionalisme para siswa dalam memasuki dunia kerja;
c.    Memperluas pengetahuan siswa;
d.    Untuk melatih bertanggung jawab atas tugas yang diberikan ditempat Prakerin;
e.    Melatih ketelitian dalam melaksanakan tugas;
f.     Untuk memperoleh suata pengetahuan dan pengalaman langsung dalam teori yang telah didapatkan di bangku sekolah;
g.    Untuk perbandingan teori – teori yang telah didapatkan di sekolah dengan prakteknya dilapangan pekerjaan;
h.    Agar peserta didik memperoleh wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja yang akan dihadapinya nanti;
i.      Dan utnuk memenuhi salah satu persayaratan dalam menempuh kelulusan di SMK Muhammadiyah 1 Genteng.
1.2.2.   MANFAAT
1.2.2.1.       Bagi Para Siswa :
1.        Untuk mendapatkan pengetahuan dan keterangan secara langsung tentang dunia kerja yang nyata;
2.        Mengenal dan merealisasikan secara langsung bagaimana pekerjaan yang sesungguhnya sebagai karyawan, sehingga nantinya tidak merasa asing lagi bila terjun langsung dalam dunia kerja yang sesungguhnya;
3.        Dapat memperluas wawasan dan pemikiran serta memperoleh pengetahuan tentang penerapan ilmu – ilmu yang telah didapatkan dari bangku sekolah dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

1.2.2.2.       Bagi SMK Muhammadiyah 1 Genteng :
1.        Terjadinya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan pihak Kecamatan Tegalsari sebagai mitra kerja;
2.        Dengan adanya Prakerin, pihak sekolah mendapat masukan tentang keadaan dan situasi pekerjaan yang sesungguhnya sesuai dengan teori yang telah didapat;
3.        Dapat di jadikan acuan untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang di berikan dapat diterima dan dimanfaatkan olah siswa.
1.2.2.3.       Bagi Instansi Kecamatan Tegalsari :
1.        Instansi dapat mengetahui sejauh mana kualitas para siswa dalam mangarungi dunia kerja yang nyata;
2.        Sebagai motivasi bagi para siswa karyawan Kantor untuk meningkatkan sumber daya manusia;
3.        Karyawan  dapat membagi ilmu dan pengetahuan mereka kepada para siswa dan merasa dibantu meringankan beban mereka;
4.        Untuk memaksimalkan fungsi dan Seksi – Seksi yang ada.
1.3.        METODE PENGUMPULAN DATA
Untuk memperoleh data atau informasi mengenai system yang berjalan di Instansi Kantor Kecamatan Tegalsari, penulis menggunakan beberapa metode dalam mencapai tujuan tersebut yaitu :

1.3.1     Library Research
Adalah suatu cara utuk mendapatkan informasi data yang di dasarkan pada buku – buku literature dan catatan – catatan sekolah yang berhubungan dengan materi yang dibahas.
1.3.2     Field Research
Adalah cara untuk mendapatkan informasi data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke obyek yang diteliti untuk mendapatkan gambaran sebenarnya entang keadaan instansi tempat praktek dilaksanakan. Pada metode ini digunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut :
1.    Observasi ( pengamatan )
Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan penelitian secara langsung terhadap obyek penelitian dengan cara meninjau langsung ke bagian atau seksi – seksi yang ada di instansi Kantor Kecamatan Tegalsari, khususnya dibagian kesekretariatan.
2.    Interview ( wawancara )
Yaitu teknik pengumpulan data dengan cara Tanya jawab atau wawancara secara langsung dengan pihak yang bersangkutan guna mendapatkan keterangan tentang data – data yang diperlukan. Dalam hal ini penulis mengadakan wawancara langsung dengan para kasi ( kepala seksi ) yang ada di Instansi Kantor Kecamatan Tegalsari, sehingga diperoleh informasi untuk penyusunan laporan ini.
3.    Dokumentasi
Adalah suatu cara pengumpulan data dengan melihat dan mencatat secara langsung data – data dari Instansi Kantor Kecamatan Tegalsari.
1.4.        SISTEMATIKA PEMBAHASAN
Untuk memberikan gambaran yang jelas dan mempermudah pemahaman isi laporan Praktek Kerja Industri, maka penyusun menggunakan sistematika pembahasan sebagai berikut :
BAB I     :  PENDAHULUAN
                  Pada bab ini berisi latar belakang masalah, tujuan dan manfaat, metode pengumpulan data serta sistematika pembahasan.
BAB II    :  PANDANGAN UMUM TEGALSARI
                  Bab ini mejelaskan potensi, sejarah singkat, kondisi fisik dasar dan jumlah penduduk Kecamatan Tegalsari  awal tahun 2009
BAB III   :  KINERJA INSTANSI PEMERINTAH
                  Bab ini berisi potensi organisasi, struktur organisasi dan daftar urut kepangkatan mulai dari camat sampai staf
BAB IV  :  RENCANA STRATEGIS
                  Dalam bab ini terdapat visi, misi, tujuan, sasaran, kebijaksanaan, program dan rencana kerja Instansi Kecamatan Tegalsari selama 5 (lima) tahun kedepan.
BAB V   :  PENUTUP
                  Bab ini berisi kesimpulan – kesimpulan dari isi laporan Praktek Kerja Industri ( prakerin ) dan beberapa saran penting.
BAB II
PANDANGAN UMUM TEGALSARI

2.1.            POTENSI TEGALSARI
Secara administrasi Kecamatan Tegalsari berada pada posisi yang cukup strategis, karena berada pada kawasan emas yaitu berada pada tiga pusat pertumbuhan Kecamatan Genteng dan Kecamatan Gambiran (Kota Jajag). Wilayah Kecamatan Tegalsari yang notabenya merupakan kecamatan yang baru berdiri di tahun 2004 yang sekaligus merupakan pusat pertumbuhan baru harus bersaing dengan kecamatan yang sudah lama berkembang.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pembentukan Kecamatan Tegalsari di Kabupaten Banyuwangi, yang diresmikan pada tanggal 24 Oktober 2004, maka pada waktu itu pula Kecamatan Tegalsari terbentuk dengan Ibukota Kecamatan di Desa Tegalsari.
Secara geografis Kecamatan Tegalsari berada pada koordinat 08°22’50” s/d 28°20”LS dan 114°10’20” Bujur Timur, luas wilayah sebesar 6.513 Ha dengan batasan – batasannya sebagai berikut :
·         Sebelah Utara                   :  Kecamatan Gambiran dan Kecamatan Genteng
·         Sebelah Timur                   :  Kecamatan Gambiran
·         Sebelah Selatan               :  Kecamatan Siliragung dan Bangorejo
·         Sebelah Barat                   :  Kecamatan Siliragung dan Glenmore
Kecamatan Tegalsari terdiri dari 6 desa, 17 dusun. 64 RW dan 319 RT.
2.2.            KONDISI FISIK DASAR KECAMATAN TEGALSARI
2.2.1.       TOPOGRAFIS
Berdasarkan topografisnya, Kecamatan Tegalsari memiliki ketinggian yang bervariasi, yaitu ketinggian 50 – 100 m permukaan air laut dan pada ketinggian 100 – 500 meter diatas permukaan air laut. Desa yang berada pada ketinggian 50 – 100 meter diatas permukaan air laut terdapat pada sebagian Desa Karangdoro, sebagian Desa Tegalrejo dan sebagian Desa Tegalasari, sedangkan wilayah Kecamatan Tegalsari yang berada pada ketinggian 100 – 500 diatas permukaan air laut terdapat pada Desa Tamansari, Desa Dasri, sebagian Desa Karangdoro, sebagian Desa Tegalrejo dan sebagian Desa Tegalasari.
2.2.2.       KEMIRINGAN LAHAN (KELERENGAN)
Secara keseluruhan kelerengan kecamatan tegalsari berada pada kelerengan 0-8% sehingga sangat memudahkan dalam perencenaan namun mempunyai kendala pada perencanaan system pengairan atau drainasenya
2.2.3.       GEOLOGIS
Geologi merupakan jenis batuan yang membentuk struktur tanah dikecamatan tegalsari.Di Kecamatan Tegalsari struktur tanahnya di bentuk oleh : batuan sedimen Formasi Kalibaru (Qpvk), Tomb formasi Batuampar (Tomp)
2.3.            JUMLAH PENDUDUK
Berdasarkan data terakhir yang di peroleh dari Seksi Pemerintahan, jumlah penduduk pada awal tahun 2009 mencapai  48.167 jiwa dengan rincian table sebagai berikut :
No
Desa / Kelurahan
Penduduk Awal Bulan ini
Penduduk Akhir Bulan ini
L
P
L + P
L
P
L + P
1
Tegalsari
6,363
6,134
12,497
6,365
6,138
12,503
2
Karangdoro
5,760
5,574
11,334
5,749
5,561
11,310
3
Tamansari
3,117
3,232
6,349
3,117
3,232
6,349
4
Dasri
3,211
3,204
6,415
3,210
3,203
6,413
5
Karangmulyo
2,503
2,593
5,096
2,501
2,591
5,092
6
Tegalrejo
3,193
3,305
6,498
3,194
3,306
6,500
Jumlah
24,147
24,042
48,189
24,136
24,031
48,167

Sumber : Seksi Pemerintahan Kec. Tegalsari










BAB III
KINERJA INSTANSI PEMERINTAH

3.1.        POTENSI ORGANISASI
Sebagaimana diketahui bersama bahwa gerak dinamika pembangunan di wilayah Kecamatan Tegalsari pada umumnya telah dapat mencapai tingkat kemajuan yang cukup menggembirakan meliputi berbagai sector dengan hasil mendekati rencana yang telah disepakati bersama.
Keberhasilan di bidang pemerintahan, pembangunan, ketrentaman dan ketertiban serta pembinaan hasil kemasyarakatan dapat terlaksana secara optimal berkat kerja keras segenap aparat dengan jalan kerja sama yang harmonis dengan menerapkan system koordinasi / keterpaduan yang mantap di jajaran Muspika, Dinas Instansi Sekoral Tingkat Kecamatan serta dukungan bersama warga masyarakat.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 28 Tahun 2004 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi yang susunan organisasinya terdiri dari :
1.    Camat;
2.    Sekretaris Kecamatan;
3.    Seksi Pemerintahan;
4.    Seksi Ketrentaman dan Ketertiban;
5.    Seksi Pemberdayaan Masyarakat;
6.    Seksi Kesejahteraan Sosial;
7.    Seksi Penyusunan Program dan Pelaporan;
8.    UPTD Dispenda dan
9.    Kelompok Jabatan Fungsional.
Camat Tegalsari mempunyai tugas membantu Bupati Banyuwangi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan dalam wilayah Kecamatan Tegalsari.
Untuk melaksanakan tugasnya, Camat Tegalsari mempunyai fungsi :
a.    Pelaksanaan pelimpahan sebagian kewenangan Pemerintahan Bupati;
b.    Pelayanan, penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan Tegalsari.
Dalam menyelenggarakan fungsinya Camat Tegalsari mempunyai kewenangan sebagai berikut :
  • Penyelenggaran tugas – tugas pemerintahan umum dan pembinaan keagrariaan dan pembinaan politik dalam negeri;
  • Pembinaan Pemerintahan Desa;
  • Pembinaan Ketrentaman dan Ketertiban wilayah Kecamatan Tegalsari;
  • Pembinaan pembangunan yang meliputi pembinaan perekonomian, produksi dan distribusi serta pembinaan social.
Camat Tegalsari dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah dengan komposisi struktur organisasi Kecamatan Tegalsari.
Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Kantor Kecamatan Tegalsari didukung oleh pegawai (sumber daya manusia) dengan latar pendidikan dan kepangkatan sebagaimana terdapat pada tabel 1 DUK (Daftar Urut Kepangkatan) Kecamatan Tegalsari dengan tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :
a.    Sekretaris Kecamatan
a.1.   Tugas
Sekrataris Kecamatan Tegalsari mempunyai tugas membantu Camat Tegalsari dalam melakukan tugasnya dan memberikan pelayanan teknis administrative kepada seluruh Satuan Organisasi Pemerintah Kecamatan Tegalsari.
a.2.   Fungsi
Untuk melaksanakan tugasnya, Sekretaris Kecamatan Tegalsari mempunyai fungsi :
·         Pelaksanaan tata usaha umum, kepegawaian dan perlengkapan;
·         Pelaksanaan urusan rumah tangga;
·         Pelaksanaan tugas – tugas lain yang di berikan oleh Camat.

b.    Seksi Pemerintahan
b.1.  Tugas
Kepala Seksi Pemerinahan Kecamatan Tegalsari mempunyai tugas melakukan urusan pemerintahan, pemerintahan desa, kependudukan dan administrasi catatan sipil.

b.2.  Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Tegalsari mempunyai fungsi :
·         Pelaksanaan penyelenggaran pemerintahan dan koordinasi dengan instansi di lingkungan Pemerintah Kecamatan Tegalsari;
·         Pembinaan dan pelaksanaan administrasi kependudukan dan catatan sipil;
·         Pembinaan Pemerintahan Desa;
·         Penyusunan program dan pembinaan dibidang pertanahan;
·         Pelaksnaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat.

c.    Seksi Ketrentaman dan Ketertiban
c.1.   Tugas
Kepala Seksi Ketrentaman dan Ketertiban Kecamatan Tegalsari mempunyai tugas melakukan pembinaan ketrentaman dan ketertiban umum, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat
c.2.   Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugasnya Kepala Seksi Ketrentaman dan Ketertiban Kecamatan Tegalsarimempunyai fungsi :
·         Pembinaan Ketrentaman dan Ketertiban umum;
·         Pengkoordinasian dalam rangka penyelenggaraan ketrentaman dan ketertiban;
·         Penyampaian bahan dan menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat dibidang ketrentaman dan ketertiban umum;
·         Pelaksanaan penertiban dalam rangka penegakan hokum, peraturan daerah termasuk penertiban perijinan;
·         Penyiapan bahan – bahan penyelenggaraan pembinaan aparat ketertiban;
·         Penyiapan bahan – bahan untuk pembinaan kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
·         Penyiapan bahan pembinaan organisasi kemasyarakatan dan lembaga kemasyarakatan lainnya;
·         Pelaksanaan tugas – tugas lainnya yang diberikan oleh Camat.

d.    Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa
d.1.  Tugas
Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Tegalsari mempunyai tugas mengumpulkan dan mengolah bahan pembinaan perekonomian, perbankkan, perkreditan rakyat, perkoperasian, pertanian, kehutanan dan industri kecil/usaha sector informal serta meningkatkan kelancaran distribusi hasil produksi dalam rangka peningkatan pemberdayaan masyarakat.
d.2.  Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Tegalsari mempunyai fungsi :
·         Penyiapan bahan kegiatan penyuluhan/pembinaan pengembangan kepariwisataan dan pertambangan;
·         Pelaksanaan pembinaan terhadap lembaga – lembaga perekonomian desa dan koperasi dan melakukan pendataan industri kecil dan kerajinan serta usaha gotong royong;
·         Pengevaluasian pelaksanaan kegiatan perekonomian produksi dan distribusi hasil produksi;
·         Penyiapan bahan penyelenggaraan pembinaan lingkungan hidup;
·         Penyiapan bahan pembinaan dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dibidang lingkungan hidup dan kebersihan;
·         Penyelenggaraan pelayanan kebersihan, sanitsi dan keindahan lingkungan;
·         Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat.

e.    Seksi Kesejahteraan Sosial
e.1.   Tugas
Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Tegalsari mempunyai tugas pembinaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan social.
e.2    Fungsi
Untuk melaksanakan tugasnya, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Tegalsari mempunyai fungsi :
·         Pembinaan, pelayanan dan pelaksanaan bantuan social, pemberdayaan pemuda dan olah raga serta pemberdayaan perempuan;
·         Pelaksanaan pemberdayaan kehidupan beragama, pendidikan dan kebudayaan serta kesehatan masyarakat, pemuda olah raga serta pemberdayaan perempuan;
·         Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat.

f.     Seksi Penyusunan, Program dan Pelaporan
f.1.    Tugas
Kepala Seksi Penyusunan Program dan Pelaporan Kecamatan Tegalsari mempunyai tugas melakukan penyusunan program pengendalian dan pelaporan
f.2.    Fungsi
Untuk menyelenggarakan tugasnya, Kepala Seksi Penyusunan Program dan Pelaporan Kecamatan Tegalsari mempunyai fungsi :
·         Penyusunan rencana program kegiatan Kecamatan Tegalsari;
·         Penghimpunan dan penganalisasian data tentang pelaksanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Tegalsari;
·         Pengumpulan dan pengsistimasikan data untuk bahan penyusunan Kecamatan Tegalsari;
·         Perumusan dan melaksanakan penyusunan program;
·         Pengkoordinasian pelaksanaan penyusunan program;
·         Pelaksanaan penelitian dan pengendalian terhadap pelaksanaan program kerja kegiatan;
·         Penghimpunan dan menginventarisir semua permasalahan sebagai akibat pelaksanaan program dan kegiatan;
·         Penyampaian dan penyusunan laporan pelaksanaan program kerja;
·         Penyusunan dan pembuatan laporan data dan kegiatan secara berkala dan rutin;
·         Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat.


































































Tabel 1
Daftar Urut Kepangkatan Kantor Kecamatan Tegalsari
No
Nama / NIP
Pangkat/Gol
Jabatan
Pendi dikan
1
2
3
4
5
1
Drs. H. Abdul Ghofur,MM
NIP. 510 101 140
Pembina TK.I (IV/b)
Camat Tegalsari
S2
2
Drs. Ec. Siswandito
NIP. 510 123 027
Penata TK.I
(III/d)
Sekcam
S1
3
Saridjo
NIP. 510 070 431
Penata
(III/c)
Kasi PMD
SLTA
4
Sucipto
NIP. 010 174 566
Penata
(III/c)
Kasi Kesos
SLTA
5
Muksin, S.Pd, M.Si
NIP. 131 044 959
Penata TK.I
(III/d)
Kasi Trantib
S2
6
Supriyadi, SH
NIP. 010 241 680
Penata Md TK.I (III/b)
Kasi PEM
S1
7
Supangat, SE
NIP. 010 181 258
Penata Md TK.I (III/b)
Kasi Sungram
S1
8
Kusno Mustapa
NIP. 050 032 218
Penata Md TK.I (III/b)
Staf
SLTA
9
Bambang Hidayat, SAP
NIP. 510 115 461
Penata Md TK.I (III/b)
Staf
S1
10
Sudaryono, SAP
NIP. 010 233 057
Penata Muda
(III/a)
Staf
S1
11
Ir. M. Sobri
NIP. 510 132 654
Penata Muda
(III/a)
Staf
S1
12
Pandri
NIP. 510 070 391
Penata Muda
(III/a)
Staf
SLTA
13
Mukhaerodin
NIP. 510 116 342
Penata Muda
(III/a)
Staf
SLTA
14
M. Masruri
NIP. 510 135 399
Pengatur Md TK.I
(II/b)
Staf
SLTA
15
Ifa Rahmawati
NIP. 510 143 037
Pengatur Muda
(II/a)
Staf
SLTA
16
Imam Wahyudi
NIP. 510 151 996
Pengatur Muda
(II/a)
Staf
SLTA
17
Darmawi
NIP. 510 155 044
Pengatur Muda
(II/a)
Staf
SLTA

Sumber : Sekretariat Kecamatan Tegalsari



BAB IV
RENCANA STRATEGIS

4.1         RENCANA STRATEGIS
Dalam system akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, penyusunan perencanaan strategis merupakan langkah awal yang harus dilaksanakan oleh setiap instansi, demikian juga dengan Kantor Kecamatan Tegalsari telah menyusun rencana strategis dalam laporan akuntabilitasnya. Dokumen encana strategis yang telah dibuat oleh Kantor Kecamatan Tegalsari antara lain :
4.1.1     Visi
Visi adalah cara pandang jauh kedepan kemana suatu organisasi dalam hal ini Instansi Pemerintah harus dibawa agar tetap eksis, antisipatif dan inovatif sehingga memilki gambaran yang jelas dan menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh suatu organisasi.
Visi Pemerintah Kecamatan Tegalsari yaitu “Terselenggaranya Profesionalisme Kerja dan Kualitas dalam Pelayanan Publik”  tetap mengacu dan berpedoman pada misi pembangunan Kabupaten Banyuwangi yakni “Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Peningkatan Pelayanan Umum, Membangun Semangat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa, Mewujudkan Supremasi Hukum Dan Pemberdayan Perempuan serta Menciptakan Pemerintah yang Bersih, Efektif dan Efisien “. Sedagkan visi pembangunan di wilayah Kecamatan Tegalsari lebih di fokuskan kepada “Terwujudnya Masyarakat Tegalsari yang Sejahtera, Adil, ,Beriman dan Berbudaya”.
Dengan demikian dalam rangka mewujudkan masyarakat Kecamatan Tegalsari yang sejahtera diperlukan upaya- upaya yang maksimal disegala bidang dengan harapan akan terwujud suatu kondisi masyaraka dengan segala kemampuan dan kompetensinya yang dapat memenuhi kebutuhan sandang, papan, dan pangan. Sekaligus diupayakan suatu pemberdayaan dan peningkatan kemampuan masyarakat sehingga mampu unuk memenuhi kebuuhan dan meningkatkan taraf hidupnya.
4.1.2     Misi
Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan organisasi sesuai visi yang telah ditetapkan, agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.
Dalam mewujudkan misi yang telah ditetapkan, misi Kecamatan Tegalsari adalah sebagai berikut :
1.    Meningkatkan citra aparatur pemerintah yang bersih dan berwibawa;
2.    Meningkatkan kualitas pelayanan public;
3.    Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
4.1.3     Tujuan
Tujuan suatu organisasi merupakan penyebaran, implementasi dari pernyataan visi dan misi yang mengandung makna antara lain :
1.    Merupakan hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun sampai 5 (lima) tahun.
2.    Menggambarkan arah strategi organisasi dan perbaikan– perbaikan yang ingin diciptakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Organisasi.
3.    Meletakkan kerangka Prioritas untuk nmemfokuskan arah sasaran, kebajikan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Organisasi.
Berdasarkan makna tujuan organisasi ersebut, maka dalam rangka mewujudkan visi dan misinya ditetapkan tujuan Organisasi sebagai berikut :
·         Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat;
·         Meningkatkan pelayanan umum kepada masyarakat;
·         Terciptanya kualitas etos kerja dan disiplin Aparatur Pemerintah;
·         Terciptanya kesadaran masyarakat dalam pembayaran Pajak dan Retribusi.
4.1.4     Sasaran
Sasaran adalah merupakan penjabaran dari tujuan organisasi dalam bentuk terakhir dan akan dapat dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tahunan, semesteran atau bulanan. Sasaran juga menggambarkan hal yang ingin dicapai melalui tindakan – tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu sasaran yang ditetapkan diharapkan memberikan focus pada penyusunan program dan kegiatan yang bersifat spesifik, terinci, dapat diukur dan dapat dicapai. Sasaran organisasi yang dietapkan pada dasarnya merupakan bagian dari proses perencanaan strategi dan focus utama berupa tindakan dan alokasi sumber daya organisasi dalam rencana kegiatan atau operasional organisasi yang akan dilaksanakan.
Atas dasar arti dan makna penetapan sasaran dimaksud serta mengacu pada ujuan yang telah ditetapkan, maka sasaran yang akan dicapai aau dihasilkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kecamatan Tegalsari dalam menggambarkan visi dan misi organisasi adalah sebagai berikut :
1.    Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat dibutuhkan beberapa sasaran :
1.1.    Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan
1.2.    Tersedianya penyelenggara pendidikan yang berkualias
1.3.    Tercukupinya tenaga medis / kesehatan di setiap infra struktur
2.    Untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dibuuhkan beberapa sasaran :
2.1.    Tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang;
2.2.    Tersedianya biaya operasional kegiatan pelayanan;
2.3.    Tersedianya aparatur yang prifesional.
3.    Untuk meningkatkan kualitas dan etos kerja pemerintah, ditetapkan beberapa sasaran :
3.1.    Tersedianya sumberdaya manusia aparatur pemerintah yang tangguh
3.2.    Terwujudnya kinerja aparat pemerintah desa yang dalam menunjang penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan 
3.3.    Terwujudnya kemampuan aparat dalam bidang administrasi
3.4.    Terwujudnya disiplin aparatur Pemerintah
4.    Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak dan restribusi, ditetapkan sasaran sebagai berikut :
4.1.    Terselenggaranya penyuluhan akan arti pentingnya pajak dan restribusi ;
4.2.    Terselenggaranya pecan pemantauan pajak;
4.3.    Terselenggaranya evaluasi dan monitoring;
4.4.    Terwujudnya kesadaran tentang pentingnya pajak dan restribusi pada masyarakat, juru pungut dan seluruh aparat desa dan Kecamatan.
4.1.5     Kebijaksanaan
Strategi untuk menentukan garis besar pedoman pencapaian tujuan dan sasaran Organisasi, dalam operasionalnya memerlukan persepsi dan tekanan khusus dalam bentuk kebijakan.
Kebijakan yang ditetapkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kecamatan Tegalsari, dalam mewujudkan tujuan dan sasaran dengan menggunakan strategi organisasi yang di rumuskan sebagai berikut :   
1.    Menciptakan aparatur pemerintah yang berlandaskan kompetensi, kridibel, inovatif dan mampu sebagai pelayanan masyarakat;
2.    Mengikut sertakan masyarakat dan dunia usaha untuk berperan aktif dalam pembangunan;
3.    Komitmen eksekutif dan legeslatif memberi porsi perhatian yang besar terhadap penigkatan kualitas hidup masyarakat khususnya pada bidang pendidikan, kesehatan dan daya beli ;
4.    Pelayanan prima yang sesuai dengan kebutuhan nyata yang diarahkan pada peningkatan kopetensi pelaksanaan tugas secara teknis maupun menejerial, sehingga produk pelayanan Pemerintah Kecamatan Tegalsari terhadap masyarakat tercapaii lebih prima, serta memberdayakan masyarakat agar mampu menumbuhkan partisipasi aktif dalam pembangunan ;
5.    Penyelenggaraan pelayanan prima yang didukung oleh tersedianya sumber dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi yang diprogramkan, dan sumber dana yang lain yang sah dengan menggunakan prinsip efektif, efisien, ekonomis dan akuntable ;
6.    Penyelenggaraan pelayanan prima yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan aparatur yang berkualitas.






4.1.6     Program
Berdasarkan kondisi umum, aspirasi masyarakat dan permasalahan yang ada di Kecamatan Tegalsari, serta dengan mempertimbangkan capaian kinerja tahun sebelumnya dan kemampuan daerah tahun 2007, maka program dan kegiatan dan lokalitas kewenangan SKPD Kecamatan Tegalsari lebih diarahkan kepada terwujudnya masyarakat Tegalsari yang sejahtera, adil, beriman dan berbudaya dengan sub agenda peningkatan kualitas hidup (quality of life) yang meliputi :
1.    Peningkatan kualitas dan kualitas pendidikan di Wilayah Kecamatan Tegalsari ;
2.    Peningkatan kuantitas dan kualitas kesehatan masyarakat Kecamatan Tegalsari;
3.    Perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat Kecamatan Tegalsari ;
4.    Pengembangan industri, perdagangan dan peningkatan kesempatan infestasi, bagi industri kecil / industri rumah tangga di Wilayah Kecamatan Tegalsari ;
5.    Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dan sarana prasarana utilitas di Wilayah Kecamatan Tegalsari ;
6.     Peningkatan supremasi hukum dan budidaya patuh hukum bagi warga masyarakat Kecamatan Tegalsari;
7.     Pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah yang ada di Wilayah Kecamatan Tegalsari ;
8.    Peningkatan kualitas kehidupan, kesejahteraan dan perlindungan anak sewilayah Kecamatan Tegalsari;
9.    peningkatan pemberdayaan dan keberdayaan perempuan dalam proses pembangunan di Wilayah Kecamatan Tegalsari;
10. Pengembangan harmonisasi dan toleransi kehidupan masyarakat, beragama dan berbudaya bagi warga masyarakat Kecamatan Tegalsari;
11. Peningkatan efisiensi, efektifitas, transparasi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kecamatan Tegalsari;
12. Melaksanakan pemeliharaan, perawatan, perlengkapan dan peralatan kantor Kecamatan Tegalsari;
13. Melaksanakan perbaikan kantor, kendaraan dinas dan pembangunan kantor Kecamatan Tegalsari;
14. Pembinaan administrasi pemerintahan desa Kecamatan Tegalsari;
15. Melaksanakan pembinaan, penyiapan data, pelaporan administrasi kependudukan dan catatan sipil;
16. Memberikan pelayanan KTP, Kartu Keluarga dan Surat pindah;
17. Menyelenggarakan administrasi dan pertambahan penduduk;
18. Pembinaan penyusunan dan pembuatan program kerja;
19. Melakasanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tegalsari.

4.2         RENCANA KINERJA
Perencanaan kinerja merupakan proses penetapan kegiatan tahunan dan indukator kinerja berdasarkan program, kebijakan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana strategis.
Rencana kinerja Kantor Kecamatan Tegalsari Tahun 2008 merupakan perencanaan kinerja yang menjabarkan permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan serta indukasi kebijakan, program dan kegiatan yang dilaksanakan untuk memecahkan permasalahan dimaksud secara terencana dan terhadap melalui sumber pembiayaan APBD.
Rencana kinerja ini merupakan alat yang bermanfaat untuk mengecek apakah pelaksanaan kegiatan serta indikasi kebijakan, program dan kegiaan yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Kecamatan Tegalsari telah berjalan dengan baik dan mengukur seberapa besar pencapaian target-target yang telah ditetapkan. Selain itu dengan rencana kinerja akan lebih mudah mengukur tingkat capaian kinerja kantor Kecamatan Tegalsari  pada akhir tahun 2008, karena dengan demikian dapat segera dilakukan perbandingan antara rencana dan realisasi dengan menggunakan sedapat mungkin 5 (lima) indikator kinerja yaitu masukan (input), keluaran (output), hasil (income), manfaat dan dampak.





BAB V
PENUTUP

5.1.        KESIMPULAN
Dalam pengamatan penulis selama melaksanakan praktek kerja industri ( prakerin ) pada Instansi Kantor Kecamatan Tegalsari, penulis melihat bahwa masalah yang dihadapi oleh Instansi Kantor Kecamatan Tegalsari saat ini adalah :
1.    Kurang adanya komunikasi yang efektif antara para Kepala Seksi dan staf masing – masing, sehingga apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari staf tersebut menjadi kurang efektif;
2.    Kuarangnya sarana yang memadai sehingga dapat menghambat kinerja para staf, khususnya dibidang system teknologi informasi;
3.    Kurang adanya pelatihan untuk para karyawan yang menyangkut teknologi informasi sehingga data – data yang akan dikirim dan diterima masih bersifat manual.
Dan untuk mengatasi masalah – masalah tersebut dapat diambil langkah – langkah antara lain sebagai berikut :
1.    Perlu adanya komunikasi yang aktif antara para Kasi dan staf agar para Kasi dapat mengetahui dan mengerti apa dan siapa yang harus melaksanakan tugas pokok dan fungsi dari seorang saf;
2.    Melengkapi segala fasilitas yang diperlukan guna kelancaran suatu tugas pemerintahan;
3.    Memberikan pengertian kepada seluruh karyawan mengenai pentingnya teknologi informasi agar karyawan mempunyai inisiatif belajar mengenai teknologi informasi guna  terwujudnya suatu sumber daya manusia yang berkualitas.
5.2.        SARAN
Saran yang dapat penulis ajukan yang dapat ditambahkan dalam upaya membantu peningkatan kelancaran tugas dari suatu organisasi perangkat daerah adalah perlu adanya sebuah system teknologi informasi yang canggih yang terkomputerisasi dan terintegrasi dengan baik, sehingga camat dapat mengakses laporan – laporan dengan cepat, untuk pertimbangan – pertimbangan pengambilan keputusan.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar